AVSEC Aviation Security Adalah Polisi Bandara

Avsec Aviation Security Adalah Polisi Bandara

AVSEC AVIATION SECURITY ADALAH POLISI BANDARA

AVSEC AVIATION SECURITY

AVIATION SECURITY ADALAH POLISI BANDARA

AVSEC Aviation Security : Saat ini masih banyak yang belum tau tentan profesi ini, atau kebanyakan juga yang beranggapan bahwa Aviation Security adalah hansip, secuirty atau satpam bank atau lain sebagainya.

Avsec Aviation Security

Kali ini admin akan membahas Pengertian Aviation Security yang kebanyak orang belum tahu tentang profesi yang satu ini. Tanpa maksud merendahkan atau mendiskriditkan pekerjaan pengamanan yang ada tapi admin menyatakan Avsec bukanlah hanya security biasa seperti security/satpam pada umumnya.

Avsec Adalah Polisi Bandara Penerbangan

Kenapa admin sebut Avsec adalah polisi bandara karena, tidak semua orang bisa menjadi avsec. Stetiap Personil Avsec Wajib memiliki Linsensi atau Surat Tanda Kecapan Petutas (STKP) yang diberi tugas dan tanggung jawab di bidang keamanan penerbangan. “Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara No.SKEP/2765/XII/2010 Bab I Butir 9”.

AVSEC Menurut PSPP Penerbangan

Aviation Security Menurut PSPP Penerbangan Avsec adalah Keamanan Bandara yang bertugas menjamin keselamatan dan keamanan bagi pengguna jasa penerbangan. Pendidikan selamat 4 bulan “2 bulan belajar di kampus & 2 bulan OJT / Praktek di Bandara”.

Pengertian Avsec Dalam Bahasa Indonesia

Istilah Avsec adalah singkatan dari dua kata yaitu Aviation Security dalam bahasa indonesia adalah Keamanan Penerbangan (KAMPEN). AVSEC Mempunyai Moto : “Tegas santun berwibawa Jujur berani Bersahaja”

Aviation Security (AVSEC) memiliki arti yang luas, tidak hanya berlaku untuk seorang petugas keamanan penerbangan di bandar udara, tetapi juga untuk semua benda atau fasilitas yang berfungsi mendukung penerbangan. Seperti, Pagar pembatas bandara, Lampu landasan.

Petugas Aviation Security

AVSEC Adalah seorang Petugas keamanan Penerbangan yang dididik untuk menjadi seorang petugas keamanan Penerbangan yang mampu bekerja sesuai dengan Regulasi yang ditetapkan secara Internasional maupun Nasional dan telah di berikan Lisensi atau surat ijin dari pemerintah untuk melakukan tugasnya sebagai seorang AVSEC.

ICAO International Civil Aviation Organization

PENGERTIAN AVSEC AVIATION SECURITY

Sejarah Aviation Security

Pada tahun 1968 – 1972 terjadi 290 kali pembajakan Udara. Dan kemudian sekitar tahun 1973 -1981 beberapa negara dan industri penerbangan berupaya untuk  menurunkan tingkat kejahatan di udara, dan upaya mereka menghasilkan buah.

Dua hal yg di nilai efektif dalam upaya mereka adalah :

  1. Pemeriksaan penumpang secara keseluruhan ( Hundred  Percent screening of passenger and carry on baggage)
  2. Mengurangi tempat berlindung untuk pembajak.

Personel Keamanan Penerbangan

Personil Keamanan Penerbangan (AVSEC) di bagi menjadi 3 yaitu :

  1. Pegawai Negeri atau Swasta (Merupakan Pegawai operator bandar udara) yang diberi wewenang/tugas mengamankan seluruh Fasilitas penerbangan, penumpang serta barang sebelum naik ke pesawat udara.
    Tugas : Mengamankan Seluruh Fasilitas pendukung penerbangan baik itu didalam area Bandar Udara maupun diluar area bandar udara. Memerikasa seluruh Orang dan barang yang masuk kedalam area terbatas, penumpang dan barang bawaannya termasuk awak Pesawat.
  2. Security AirLines, yang merupakan petugas keamanan milik perusahaan penerbangan yang tugasnya mengamankan penumpang saat hendak masuk ke dalam Pesawat Udara serta barang-barang penumpang yang sifatnya berbahaya (Security Item).
  3. TNI dan POLRI di lingkungan Bandar Udara yang bertugas mendukung kegiatan keamanan Penerbangan.

Ketiga bagian ini sangat erat kaitannya dalam hal Keamanan Penerbangan dan saling mendukung.

In-flight Security Officer (ICO)/Air Marshal :

Adalah seorang petugas keamanan berasal dari sipil maupun militer yang dilatih khusus oleh pemerintah dari negara Operator pesawat udara dan ditugaskan untuk mengamankan pesawat dan muatannya dari tindakan melawan hukum.

Keamanan Fasilitas Bandar Udara.

Keamanan fasilitas udara dilakukan oleh petugas AVSEC yang memiliki tugas mengamankan seluruh fasilitas pendukung penerbangan, baik itu di dalam lingkungan bandar udara maupun di luar area penerbangan. Apa saja fasilitas pendukung penerbangan.

  • Pesawat Udara.
  • Kantor Bandar Udara.
  • Terminal Bandara.
  • Apron.
  • RunWay.
  • Lampu landasan.
  • Dll..

Fasilitas di luar bandar Udara.

  • Pagar.
  • Inspection road : jalur pemeriksaan, biasanya ada di luar pagar bandara.
  • Radar.
  • Dvor : alat navigasi yang berfungsi untuk mengirimkan informasi mengenai arah angin di sekitar bandara untuk mempermudah pendaratan atau terbangnya pesawat debgan jarak jangkauan sinyal kira 200 km dan 200  vit.

Keamanan Angkutan Udara

Keamanan angkutan udara dilakukan oleh Petugas Avsec yang bertugas mengamankan penumpang dan awak pesawat serta barang bawaannya dari orang serta benda yang dapat mengganggu kesehatan manusia serta mengancam keselamatan penumpang.

Tugas dari AVSEC pada Angkutan udara di lakukan dengan berapa alat bantu keamanan antara lain.

  • Pas/ID card.
  • X-Ray.
  • HHMD.
  • WTMD.
  • CCTV.
  • Dll.

Para Personel Aviation Security (Avsec) mendapat pendidikan dari segi fisik dan mental dari ke polisian maupun sekolah penerbangan pada umumnya yang mencakup materi tentang keselamatan penerbangan international dan domestik.

Personil-personeil AVSEC harus mempunyai sertifikan lisence yang diakui diseluruh bandar udara di seluruh dunia seperti License Basic, Junior, Senior dan Dangerous Good yang rata-rata membutuhkan waktu beberapa bulan untuk mendapatkanya satu-persatu dengan mengikuti diklat khusus seperti di PSPP Penerbangan.

Jidi tidak sembarang orang bisa tinggal pakai seragam AVSEC duduk di monitor X-Ray atau melakukan pemeriksaan badan penumpang secara manual (Body Search), tetapi harus melewati tahap-tahap penyeleksian yang cukup ketat dan harus mempunyai sertifikat yang di perlukan seperti Dangerous Good Lisence.

Kesimpulan

Jadi admin sarankan jika kamu ingin menjadi AVSEC Aviation Security anda harus mengikuti pendidikan terlebih dahulu di sekolah penerbangan terbaik dan Ter-Akreditasi A yaitu PSPP Penerbangan.

Saat ini satu-satunya sekolah penerbangan di indonesia yang mengeluarkan Lisense Dangerous Good adalah PSPP Penerbangan. Lisensi ini dikeluarkan langsung dari Direktorat Perhubungan Udara dengan tujuan agar Lulusan PSPP Penerbangan lebih di akui oleh dunia penerbangan.

Informasi Pendaftaran Sekolah Penerbangan Berlisensi

Hingga saat ini PSPP (Pendidikan Staff Penerbangan & Pramugari) Lampung masih membuka pendaftaran calon peserta didik baru, Daftarkan diri anda sekarang juga..

  • Untuk informasi pendaftaran hubungi panitia pendaftaran siswa baru Kampus PSPP Penerbangan Kak Diyan : 0822-2500-7272 / 0859-3500-7272 / BBM: 5D384252
  • Atau Kunjungi Http://Facebook.com/AkademiPramugari
  • Cara Pendaftaran Online Lihat disini.
  • Biaya Pendidikan Lihat disini.
  • Penutupan Pendaftaran PSPP Penerbangan akan ditutup sewaktu-waktu apabila quota kampus terpenuhi. Saat ini PSPP Penerbangan hanya memberikan 150 kursi pendidikan disetiap kampusnya.

PENTING : Untuk Kelancaran Tes Online, Yang Paling Penting  Adalah Komunikasi Dengan Panitia Ya Gaes… Kak Diyan : 0822-2500-7272 / 0859-3500-7272 / BBM: 5D384252

Sekian Informasi Pengertian Avsec Aviation Security – PSPP Penerbangan, Semoga Bermanfaat, Terimakasih…

PENTING Bagi Calon Siswa-i PSPP Penerbangan Untuk Pembayaran Administrasi DAFTAR ULANG Hanya Dapat Dilakukan Melalui BANK BRI Atas Nama PSPP PENERBANGAN Dengan Nomor Rekening 0098-01-002137-30-3 Pembayaran Daftar Ulang / Angsuran Selain ke Bagian Keuangan & Rekening BRI PSPP Penerbangan Di Anggap Tidak Syah/Belum Membayar.

INFO PENDAFTARAN
PSPP (PENDIDIKAN STAFF PENERBANGAN & PRAMUGARI)
Telah Membuka Pendaftaran Untuk Calon Siswa-i Baru
Info Lengkap Hubungi Panitia Pendaftaran
PSPP Penerbangan Indonesia
Kak Diyan : 0822-2500-7272 / BBM: 26D5777F

You may also like...

1 Response

  1. 04/30/2017

    […] konfirmasi tersebut, dijelaskan bahwa sang musisi d tangkap oleh petugas Avsec (Aviation Security) tepat pada jam 04.00 pagi WIB […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *